Apa siih Ogre?
OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine
yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis
dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif &
mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated
3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti
Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek
dan class object yang lebih tinggi.
OGRE mempunyai banyak komuniti yang aktif, salah satunya sourceforge.net yang berdiri sejak
Maret 2005. Beberapa karya yang sudah ada & dikomersialkan diantaranya
game Ankh, Azathoth, & Pasific Strom. Serta baru-baru ini muncul lagi
gamenya, yaitu Eihoth 1.4.9 yang rilis pada Mei 2008. Rilisnya dibawah istilah
GNU Lesser General Public License. Ogre termasuk ke dalam salah satu pengolah tiga dimensi terbaik yang
dimiliki Linux.
OGRE hanyalah rendering engine. Seperti pada engine lainnya, hanya
saja OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering. Dengan kata lain fitur
OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan
lain-lain. Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game
development / simulasi, OGRE tidak menyediakan audio / physics support.
Bisa dikatakan sebagai kelemahan utama dari OGRE,
tetapi itu setara setelah melihat kemampuan grafis ada engine ini. Kemampua
utama OGRE adalah graphics engine yang bisa memberikan para developer sebuah
kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio, & library
lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada
beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mensuport
OIS, SDL, dan CEGUI libraries.
Kini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL &
OUL. Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free /
open-source software.
Fitur yang ada di Ogre :
- Desain yang object oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
- Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
- Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
- OGRE mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.
- The landscape scene manager untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis & manual.
- Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
- OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen postprocessing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.
- Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.
- Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb.
Kelebihan dari Ogre :
- Mudah digunakan dan memiliki antarmuka grafis yang di
desain khusus untuk mengurangi beban pada saat mengolah gambar 3D.
- Andal, terbukti dengan banyak digunakan pada proyek
besar, misalnya pembuatan produk komersial.
- Dukungan platform dan API 3D seperti Direct3d dan
OpenGL, dibangun dengan bahasa pemrograman visual C++ pada Windows dan GCC 3+
pada Macintosh
- Pada shaders dan material, tersedia dukungan vertex
dan fragment yang ditulis dengan menggunakan assembler, didukung juga dengan
fungsi operasi multitexture, multipass blending dan lainnya.
- Di bagian animasi, OGRE mampu memadukan multiple
animations dengan variable weights, kontrol manual bone, dukungan bentuk
animasi yaitu morph animations untuk aplikasi lama, dan pose animation untuk
aplikasi modern.
- Special effect mencakup sistem compositor yang
mendefinisikan dengan mudah efek postprocessing layar penuh, melalui script
yang diinginkan. Begitu juga dengan dukungan skyboxes, skyplane,d an skydomes,
ribbon trails.
Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_game_engines
http://www.devmaster.net/engines
http://www.terathon.com/c4engine
http://www.ogre3d.org
http://www.ogre3d.org/forums/viewtopic.php?f=1&t=38509&start=0
http://www.devmaster.net/engines
http://www.terathon.com/c4engine
http://www.ogre3d.org
http://www.ogre3d.org/forums/viewtopic.php?f=1&t=38509&start=0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar