Haiiii..blogger. Untuk tugas
perkuliahan, isi blog ini akan menceritakan mengenai interactive entertainment,
interactive programs,hal penting yang harus diperhatikan dalam interactive entertainment
itu sendiri, fungsi GUI ataupun komponen
GUI dan event dalam konsep struktur interactive program. Berkut merupakan
penjelasannya.
Apa siiih interactive entertainment
itu?? Menurut beberapa sumber yang ada interactive entertainment yaitu mengacu
pada usaha memproduksi dan mendistribusikan produk dan layanan, yang nilai
hiburan (atau hasil) dapat dipengaruhi oleh pengguna melalui langsung umpan
balik (feedback). Konsep dari interactive entertaiment itu sendiri yaitu bagaimana
cara seseorang memberikan informasi yang dapat berupa kombinasi teks,
gambar,animasi ataupun video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau
mengontrol elemen elemen yang telah dibuat sehingga pengguna dapat dengan mudah
berinteraksi dengan informasi yang ada. Naah..apa saja yang perlu diperhatikan
dalam interactive entertainment itu? Dalam interactive entertaiment terdapat 2
hal penting yang harus diperhatikan yaitu dari segi user maupun segi
programnya. Peran User dalam hal ini apabila dalam sebuah program, user sangat
penting. Karena alasan dibuatnya program
untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi
antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada
program tersebut. Sedangkan peran interactive entertainment dari segi program
juga penting. Interactive programming itu sendiri sebuah prosedur penulisan bagian
dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai
antarmuka (Interface) utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi
interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk
digunakan sesudahnya.
Dalam pembahasan interactive entertainment, kita juga mengkilas sedikit
mengenai GUI yang merupakan salah satu pendukung interactive system. GUI
sendiri singkatan dari Graphical User Interface yang memiliki beberapa fungsi,
antara lain: pointing device dengan perangkat berupa mouse, sebagai
plug and playyang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall
hardware/sofware (sinkronisasi), untuk membuat software-software yang menuntut
aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user, digunakan dalam
pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis, Opensource
software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya, dan
untuk pembuatan website. GUI (Graphical User Interface) memiliki beberapa
komponen-komponen yang mewarisi kelas JComponent antara lainnya :
>> Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton, JMenuIte
>> Combo box: Jcombobox
>> Label:JLabel
>> List:JList
>> Menu:JMenu, JMenultem >> Tabel:JTabel
>> Text Field:JTextField
Didalam komponent GUI terdapat event
GUI, dimana tanpa event ini peran GUI tidak akan berjalan. Event merupakan
suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan
komponen-komponen GUI. Beberapa macam event untuk komponen GUI, misalnya :
> Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user. Bagian-bagian pentingnya yaitu event source dan event listener / Handler.
> Event Object
Ketika sebuah
event terjadi (ketika user berinteraksi dengan komponen GUI) sebuah
object event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event
yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi,
seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori
yang berbeda dari user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai
salah satu dari class ini. Objek yang terbentuk saat terjadi event yaitu ketika
user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti: tekan button, ketik di text
field, dll.
> Event Source
Mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event. Sebagai contoh, jika
user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol. Event Source adalah
komponen yang mendapatkan suatu event yang kemudian ditangkap oleh Event
Listener. Event Source dapat dibedakan dari penamaan komponen itu sendiri,
misalnya tombolSimpan, tombolHapus, dll. Dengan adanya penamaan event source
ini, sebuah Event Listener akan dapat mendeteksi dari mana Event Listener
tersebut berasal.
> Event Listener
Event listener
menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika
tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi
yang berguna untuk user. Beberapa listener yang biasa digunakan dalam mendeteksi
event :
• ActionListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status
pada objek yang digunakan. Misalnya akibat penekanan tombol mouse atau
keyboard.
• AdjustmentListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status
pada objek yang digunakan pada saat penyesuaian. Misalnya akibat dari
penggeseran scrollbar.
• FocusListener berfungsi untuk
menangani reaksi atas perubahan status akibat focus berada pada objek tertentu.
Misalnya kursor berada pada textfield.
• ItemListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status pada
pilihan yang terdapat pada objek tertentu. Misalnya pemilihan pada checkbox
atau radio button.
• KeyListener berfungsi untuk menangani reaksi dari keyboard. Misalnya
penekanan tombol Ctrl, Alt, dll.
• MouseListener berfungsi untuk menangani reaksi dari penekanan tombol pada
mouse.
• MouseMotionListener berfungsi untuk menangani reaksi akibat mouse
digerakkan, misalnya melewati lokasi komponen tertentu.
• MouseWheelListener berfungsi untuk menangani reaksi event scroll pada
mouse.
• TextListener berfungsi untuk menangani event pada text.
• WindowListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan jendela
akibat ukuran diperbesar, dikecilkan, dipindah maupun ditutup.
• WindowFocusListener berfungsi untuk menangani reaksi pada jendela.
• WindowStatelListener berfungsi untuk menangani status event jendela.
> Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses
selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol
simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol
Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada
blok Event Handler.
Event dalam konsep struktur interactive program yaitu kejadian yang terjadi atas interaksi dari komputer dengan manusia. Mengenai event dari standard programming dengan interactive programming
memiliki perbedaan dimana pada interactive programming, dalam menyelesaikan
masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa
harus dihentikan selama penulisan ulang dari program, berbeda dengan standard
programming.
Referensi:
http://www.noorhayatin.staff.umm.ac.id
http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_entertainment
http://www.slideshare.net/dinakan1/11-komponen-gui
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis
http://ghadinkz23.blogspot.com/2010/12/pengertian-gui-dan-cli.html
http://ratnokustiawan.wordpress.com/2011/01/22/gui-event-handling/
http://dwinitapita.blogspot.com/2013/05/tugas-3-pengantar-teknologi-game.html
Tabel Kinerja:
Teman Kerja:
Adjie Putra Nugraha
Jonmun Putra Siregar
wah artikel yang sangat lengkap tentang pengantar teknologi game, saya sangat membutuhkan soalnya, terima kasih cantik atas artikel lengkapnya... sukses slalu ya.. ^^
BalasHapus