Minggu, 11 Maret 2012

about TWITTER

Semangat pagiiii !!!pasti temen-temen dah banyak yang tau dong tentang twitter , iya ka, iya kan... :D Temen-temen tau gga sih sejarah dr social network  ini ? Nah ... Sebelum kita membuat twitter. Apa kalian tahu sejarah twitter ? untuk itu kali ini gw akan menjelaskan sejarah dibuatnya twitter (atas referensi dr sana sini seeh , hehe ) Selain itu juga akan dijelaska isi dari twitter dan kenapa namanya twitter ? konsep dan tekhnologi yang digunakan juga ada lhoo... Semoga bermanfaat iya temen-temen.........  :)
Sejarah 

Twitter adalah jasa microblogging dan jejaring sosial onlineyang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan hingga 140 karakter yang umumnya disebut "tweets". Ditemukan oleh Jack Dorsey, popularitas Twitter meningkat cepat. Hingga tahun 2011 tercatat memiliki 200 juta pengguna, dan menghasilkan lebih dari 200 juta tweets serta terjadi 1.6 milyar aktivitas pencarian kata kunci per harinya. Twitter juga sering disebut sebagai SMS-nya Internet. Markas besarnya berada di San Fransisco, dan beberapa kantor dengan server tambahan di San Antonio, Boston dan New York City.
- Jack Dorsey, penemu Twitter.

Twitter berawal dari sesi brainstorming yang dilakukan oleh para petinggi perusahaan podcastingbernama Odeo, idea awal dari Dorsey adalah penggunaan jasa SMS untuk melakukan komunikasi dengan mereka yang berada dalam suatu kelompok kecil. Proyek ini kemudian diberi nama TWTTR, terinspirasi dari Flickr dan kependekan dari kode SMS Amerika yang terdiri dari 5karakter. Pihak pengembang awalnya mempertimbangkan penggunaan "10958" tapi berubah menjadi "40404" agar lebih praktis dalam mengingatnya. Proyek dimulai pada 21 Maret 2006, saat Dorsey mengirim pesan Twitter pertama yang berbunyi "just setting up my twttr"
.

Jack Dorsey sendiri mengatakan bahwa nama Twitter sangat cocok karena mampu mendefinisikan sebuah informasi singkat dan mirip dengan kicauan burung.


Prototypeawal Twitter digunakan hanya oleh karyawan Odeo dan pada 15 July 2006, versi umum diperkenalkan. Pada Oktober 2006, para anggota Odeo seperti Biz Stone, Evan Williams dan Dorsey membentuk perusahaan Obvious Corporation dan membeli Odeo, semua aset nya termasuk Odeo.com dan Twitter.com dari para investor dan pemegang saham. Pada April 2007, Twitter berkembang menjadi perusahaan mandiri.


Popularitas Twitter berawal dari festival South by Southwest. Pada kegiatan tersebut, penggunaan Twitter meningkat menjadi 60.000 tweets perhari. Steven Levy dari Newsweek mewartakan bahwa perusahaan Twitter dengan cerdik menempatkan 2 layar plasma berukuran 60" di ruang konverensi yang berfungsi untuk menampilkan pesan-pesan Twitter, akibatnya para peserta konferensi mendapatkan informasi akurat dari sesama pengguna, para pembicara juga menyinggung hal tersebut dan juga dukungan dari para blogger yang hadir.


Pesan Twitter pertama yang dikirimkan dari luar angkasa ditulis oleh Astronot Nasa, T.J. Creamer pada 22 Januari 2010, dan pada akhir November 2010, rata-rata updateharian sebanyak 12 pesan dikirimkan melalui account@NASA_Astronauts.

Konsep
Twitter memiliki beberapa istilah yang sangat populer yaitu Following dan Follower. Following adalah member lain yang Anda ikuti atau tambahkan ke dalam daftar teman Anda. Sedangkan Follower adalah daftar member lain yang mengikuti atau menambahkan Anda ke dalam daftar temannya.
Setelah Anda sukses terdaftar segera masuk-log/login. Klik menu di bagian atas yaitu Find People, lalu klik pada submenu Suggested User. Cara ini khusus bagi Anda yang ingin cepat mendapatkan tambahan teman apabila Anda baru saja terdaftar. Dengan cara ini akan cukup efektif apabila Anda ingin segera mendapatkan teman sebanyak-banyaknya. Member lain pada Suggested User adalah member pilihan dari Twitter dimana mereka sudah memiliki banyak sekali teman dalam sebuah jaringan yang luas.
Twitter dapat menyampaikan pesan berupa adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan follower. Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Sehinggan dapat digambarkan twitter adalah pesan singkat atau SMS melalui internet.

Twitter Application
Para redesign.Twitter.com disajikan kesempatan untuk membuat perubahan yang berani untuk teknologi yang mendasari situs web yang memulai menerapkan arsitektur baru hampir seluruhnya dalam JavaScript. Dengan menempatkan penekanan khusus pada kemudahan pengembangan, diperpanjang, dan kinerja.

API Klien

Salah satu perubahan arsitektur paling penting adalah bahwa Twitter.com sekarang menjadi klien API. Ini mengambil data dari endpoint yang sama bahwa situs mobile, aplikasi untuk iPhone, iPad, Android, dan setiap penggunaan aplikasi pihak ketiga. Pergeseran ini memungkinkan untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya kepada tim API, menghasilkan lebih dari 40 patch. Dalam buka halaman awal dan setiap panggilan dari klien, semua data sekarang diambil dari cache JSON sangat optimal fragmen.

Javascript API

Membangun sebuah perpustakaan JavaScript untuk mengakses REST API Twitter untuk mana saja yang menyediakan titik awal yang baik untuk pengembangan proyek API. API JavaScript menyediakan Mengambil API dan pintar sisi klien caching, baik di memori dan menggunakan localStorage, memungkinkan kita untuk meminimalkan jumlah permintaan jaringan dibuat saat menggunakan Twitter.com. Misalnya, waktu menjemput termasuk data user yang berhubungan untuk setiap Tweet. Objek pengguna yang dihasilkan secara proaktif cache, agar melihat profil tidak memerlukan yang tidak perlu mengambil data pengguna.
Fitur lain dari API JavaScript adalah bahwa ia menyediakan pemberitahuan acara sebelum dan setelah setiap panggilan API. Hal ini memungkinkan komponen untuk mendaftarkan minat dan merespon segera dengan perubahan yang sesuai untuk UI, sementara membiarkan komponen independen tetap dipisahkan, bahkan ketika mengandalkan akses ke data yang sama.

Halaman Manajemen

Salah satu tujuan proyek ini adalah untuk membuat navigasi halaman lebih mudah dan lebih cepat. Bangunan pada analogi tradisional Web dokumen saling terkait, aplikasi kita menggunakan sistem halaman rute yang mempertahankan hubungan yang kuat antara URL dan isinya. Hal ini memungkinkan  untuk menyediakan aplikasi web yang kaya yang berperilaku seperti situs web tradisional. Untuk melakukannya di sini mengembangkan sistem routing untuk beralih di antara halaman stateful, didorong oleh hash URL. Sebagai pengguna menavigasi, aplikasi cache halaman yang dikunjungi dalam memori.

Stack Rendering

Untuk mendukung crawler dan pengguna tanpa JavaScript,dibutuhkan sistem rendering yang berjalan pada server dan klien. dengan mengembangkan sistem tampilan objek yang menghasilkan fragmen HTML dari objek API. Banyak perhatian diberikan untuk mengoptimalkan kinerja di DOM. Sebagai contoh, kita telah menerapkan delegasi acara di seluruh papan, yang telah memungkinkan profil memori rendah tanpa khawatir tentang lampiran acara. Sebagian besar UI kami terbuat dari komponen dapat digunakan kembali, jadi kami telah menangani acara terpusat ke node akar beberapa kunci. Kami juga meminimalkan repaints dengan membangun struktur HTML penuh sebelum mereka dimasukkan dan melampirkan data yang relevan pada langkah rendering HTML, bukan melalui manipulasi DOM.

Open Source

Twitter selalu memeluk open source teknologi, dan klien web baru terus dalam tradisi ini. Dengan menggunakan jQuery, Kumis, LABjs, Modernizr , dan banyak lainnya open source script dan plugin jQuery.

Kesimpulan

Dengan New Twitter telah resmi diadopsi JavaScript sebagai teknologi inti dalam organisasi inii. Proyek ini mendorong pertemuan puncak pertama internal JavaScript, yang merupakan upaya berkesinambungan untuk pertukaran pengetahuan, memperbaiki kerajinan kita dan menemukan cara-cara baru mengembangkan untuk web.


Referensi


3 komentar: