Senin, 05 Mei 2014

Disiplin Dalam Belajar


Haii... Blogger pada tulisan kali ini saya akan membahas Disiplin Dalam Belajar. Disiplin dalam belajar bukanlah hal mudah , baik dari segi management waktu maupun dalam pelakasaannya. Sedari kecil tentunya orang tua kita mangajari akan disiplin bermula dari hal kecil terlebih dahulu. Misalnya jika pulang sekolah kita harus berganti pakaian , tidur siang dan lain sebagainya. Dari hal-hal kecil tersebut pastinya sikap disiplin sudah tertanam pada diri kita , hanya saja sikap malas yang terdapat pada individu yang sulit untuk di hilangkan.


Dalam kamus Bahasa Indonesia , Disiplin berarti melatih batin dan watak supaya perbuatannya menaati tata tertib. Disiplin diri berarti melatih diri melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan untuk meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Disiplin diri akan terasa manfaatnya jika kita memiliki suatu impian dan cita – cita yang ingin dicapai. Kita harus mendisiplinkan ( melatih ) diri untuk mengerjakan hal – hal yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, di dunia ini dibuat peraturan – peraturan yang disertai hukuman yang setimpal. Hal ini tidak lain agar setiap manusia mau belajar hidup disiplin dan menaati aturan yang ada sehingga dunia tidak kacau balau dan seseorang tidak dapat berbuat sekehendak hatinya.

Kebiasaan yang kita lakukan akan menentukan masa depan kita. Kebiasaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik, begitupun sebaliknya, namun untuk membiasakan kebiasaan baik itu tidak mudah. Karena kita cenderung memiliki sifat – sifat mendasar seperti : cenderung bermalas -malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya. Selain itu terkadang kita menganggap belajar sebagai suatu kewajiban apapun beban yang harus dilakukan, bukan sebagai kesenangan. Pepatah mengatakan “ kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yang kita kerjakan ”. Kita jg cenderung cepat bosan jika melakukan kegiatan yang sama dalam jangka waktu lama. Maka dari itu untuk menjalankan disiplin dalam belajar tidaklah mudah.

Sifat tidak baik tersebut dapat kita hilangkan, tentunya dengan kemauan dan komitmen yang besar. Terdapat beberapa tips agar disiplin dalam belajar dapat kita jalankan:
1.                   Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam waktu dekat.
2.                   Buat urutan prioritas hal – hal yang ingin kita lakukan.
3.                   Buat jadwal kegiatan belajar secara tertulis.
4.                   Lakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang kita buat, tetapi jangan  terlalu kaku.
5.                   Berusahalah untuk selalu dsiplin dengan jadwal program kegiatan yang sudah kita susun sendiri.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan kita dapat bersama – sama menjalankan disiplin dalam belajar sehingga dapat menentukan masa depan kita kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar